Rajutan Plastik Kresek Lagi

5:09 PM




Guys, memenuhi janjiku sebelumnya (janji pada diri sendiri-hehehe), kali ini kupersembahkan... 
Eng-ing-eng..... Tas Rajut dari plastik kresek :D

Bahan pembuatannya asli 100% kantong plastik kresek yang kudapat dari setiap belanja di pasar Aviari (Batam).  Yah, walaupun sebenarnya penggunaan plastik kresek sudah dilarang dibeberapa negara.  Namun, di Indonesia nampaknya masih menjadi primadona.  Sangat disayangkan sebenarnya.

Apa mau dikata, masih seperti itu adanya.  Kita do'akan saja, semoga kedepannya, limbah plastik ini akan dapat ditangani dengan baik.  Aamiin.

Oh iya, Guys.  Sudah pada tahu kan? Kalau plastik kresek adalah sampah yang membutuhkan waktu sangat lama pake banget untuk terurai.  Kalau dibakar pun berbahaya.  Karena akan melepaskan zat kimia beracun sebagai dioksin yang menambah kerusakan pada udara yang kita hirup.  Dibuang ke sungai, bisa menghambat aliran air dan menjadi penyebab banjir. 

So, Guys.  Be wise.  Batasi pemakaian sampah plastik kita ya..  Kalau sudah terlanjur 'menggunung' seperti sampah plastik di rumahku.  Jangan ditimbun, dibakar atau dibuang ke sungai.  Lebih baik direcycle.  Seperti tas rajut plastik kresek ini atau menjadi bentuk kerajinan lainnya.  Atau dipakai ulang agar sampah plastiknya tidak terus bertambah.

Untuk rajutan tas plastik ukuran lebar 5 cm, panjang 23 cm dan tinggi 17 cm,  aku menghabiskan sekitar 15-20 pcs kantong kresek ukuran 10kg.  Banyak ya?  Coba hitung berapa pemakaian sampah plastik di rumahmu.  Kalau aku sih, malas buat ngitung! hehehe.   Tapi, kalau dilihat dari rajutan plastik kresek yang sudah kubuat, bisa kebayang kan? Ahh, maafkan aku, Bumi!

Save our planet! Happy Crafty...






You Might Also Like

0 comments

Contact Form

Name

Email *

Message *