Memanfaatkan Koran Bekas

11:04 AM


Guys,

Helikopter ini aku buat saat mengikuti lomba daur ulang sampah.  Tepatnya pada perayaan   HUT PKK Melati di lingkungan perumahanku.  Alhamdulillah, juara satu.

Jangan tanya hadiahnya ya?  Namanya juga perayaan HUT PKK di kampung.  Tapi, alhamdulillah, ada hadiah sagu hatinya.  Aku lupa apa hadiahnya.  Soalnya acaranya sudah cukup lama.  Hampir tiga tahun yang lalu :D

Bahan-bahan yang kupergunakan mudah didapat di sekitar kita.  Juga murah Guys.  Antara lain :

         * Kertas Koran
         * Lem kayu
         * Balon karet
         * Spidol
         * Baskom
         * Air


Cara membuatnya mudah sekali.


1. Pertama-tama  tiup balon seukuran tubuh helikopter, ikat agar tidak kempis.  Beri tanda strip untuk     lubang celengan menggunakan spidol

2.  Encerkan lem kayu dan air di dalam baskom.  Dikira-kira saja.  Tidak terlalu encer dan tidak                terlalu kental.

3.  Potong-potong kertas koran seukuran 3 atau 4 cm.  Sesuai selera. Tidak terlalu besar/kecil.

3.  Rendam potongan koran tersebut ke dalam baskom yang berisi  campuran air dan lem kayu.

4.  Ambil selembar demi selembar koran yang sudah direndam tadi.   Tutupi semua permukaan balon      kecuali yang bertanda strip.   Ulangi beberapa kali agar permukaan seluruh balon tertutup rapi dan      cukup tebal.  Lalu, biarkan sedikit mengering.

5.  Setelah bagian badan setengah mengering lanjutkan dengan bagian ekor dan kakinya,                          gulung dan pelintir kertas koran membentuk ekor helikopter.  beri selotip agar tidak jatuh.  Lalu          tutupi lagi dengan potongan koran yang sudah dilumuri lem kayu cair.

6.  Untuk bagian baling-baling, cukup lipat koran seukuran baling-baling yang kita butuhkan,                   lalu lumuri dengan lem kayu cair.  Biarkan mengering dan kaku.

7.  Terakhir beri warna yang menarik.


Taraaa...
Helikopter dari koran bekas pun bisa menjadi mainan yang menarik.  Juga bisa menjadi celangan.  :D



*Jika ada yang kurang jelas atau ada pertanyaan.  Silakan komentar di bawah ini ya.. Selamat berkarya :)

You Might Also Like

0 comments

Contact Form

Name

Email *

Message *